(0298) 591028 [email protected]

 

Sabtu, 12 Mei 2018 telah berlangsung Ekaristi Sakramen Penguatan di Paroki St. Yusup Ambarawa.  Ekaristi Sakramen Penguatan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Terdapat 309 penerima Sakramen Penguatan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Ekaristi Sakramen Penguatan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko dan Romo JB. Dwijo Atmoko serta Romo Surya Awangga. Penerima Sakramen Penguatan berasal dari berbagai wilayah dan lingkungan di Paroki St. Yusup Ambarawa. Penerima Sakramen Penguatan berusia minimal 14 tahun. Penerima Sakramen Penguatan paling banyak berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pangudi Luhur Ambarawa, sementara paling sedikit berasal dari wilayah Trayu. Warna putih mendominasi dalam Ekaristi kali ini karena para penerima sakramen wajib menggunakan pakaian berwarna putih. Perayaan Ekaristi berlangsung dengan khidmat. Ekaristi Sakramen Penguatan berlangsung kurang lebih selama 2,5 jam. Dalam kesempatan ini Mgr. Robertus Rubiyatmoko mengingatkan umat untuk lebih memperkuat iman diri dalam diri sendiri dan orang lain di sekitar.

Proses Penerimaan Sakramen Penguatan diterima setelah homili. Penerima Sakramen bersiap untuk menerima sakramen dengan berbaris di depan altar. Ditemani wali, penerima sakramen maju berlutut di hadapan Bapa Uskup untuk menerima berkat dan Sakramen Penguatan. Setelah penerimaan sakramen dan berkat, peserta sakramen mendapatkan lilin yang telah diberkati.

Sakramen Penguatan adalah satu sakramen dari tujuh sakramen yang ada di tradisi Gereja Katolik. Melalui Sakramen Penguatan ini seseorang diikat secara lebih kuat dengan gereja.  Sakramen Penguatan diperoleh setelah Sakramen Baptis dan Sakramen Penerimaan Komuni Pertama. Penerimaan Sakramen Penguatan dilaksanakan setahun sekali. Sebelum menerima sakramen Penguatan calon penerima harus mengikuti pelajaran persiapan selama 6 bulan. “terimalah tanda kurnia Roh Kudus, damai Kristus Bersamamu”, “Amin”.

 

Untuk Foto peserta Sakramen Penguawan bisa di unduh pada link di bawah ini:

Unduh – Download Foto

 

 

%d blogger menyukai ini: